Kamis, 18 Februari 2016

Lembah Karmel Puncak

HELLO !!!


Post saya hari ini, masih seputar Puncak. Dan kali ini saya akan membahas salah satu tempat wisata rohani yang ada di Puncak, bagi kalian umat Katolik, tempat ini sangat saya rekomendasikan untuk dikunjungi. Nama tempat wisata ini adalah Lembah Karmel, lokasinya terletak di Desa Cikarenye, Cipanas, Puncak, Jawa Barat. 

Lembah karmel ini pada mulanya merupakan tempat pertapaan Romo Yohanes setelah beliau pindah dari pertapaannya di Ngadireso, Malang. Nama Karmel diambil dari sarikat suster putri karmel, pengikut Romo Yohanes Indrakusuma, O. Carm. Romo Yohanes turun dari pertapaannya hanya pada hari - hari tertentu, untuk melayani umat yang datang. Sementara sehari - hari, pelayanan dilakukan oleh frater - frater dari Carmelitae Eliae dibantu dengan umat yang lain. Lembah Karmel adalah tempat yang sangat indah, dikelilingi dengan bunga dan pepohonan yang membuat Lembah Karmel menjadi tempat yang asri dan sejuk, sangat cocok bagi teman - teman untuk melepas rasa jenuh dan lelah selama kegiatan sehari - hari di kota.

Ketika saya berkunjung kesana, pertama kali saya ke toko rohani yang menjual peralatan - peralatan rohani dan souvenir seperti buku rohani, rosario, kalung, kaos, gelang, salib, dsb. Toko ini terletak di bagian belakang gedung St. Paulus. Barang - barang yang dijual disini bagus dan harganya pun terjangkau. Setelah dari toko rohani, saya pergi melihat patung Yesus yang sedang merentangkan tangan seperti sedang memberi berkat, patung ini  besar dan juga sangat menakjubkan. Patung ini terlihat sangat indah dipadu dengan pemandangan disekelilingnya yang asri.

Sumber : dokumen pribadi

Sumber : dokumen pribadi

Karena saya berkunjung ke Lembah Karmel saat bulan Desember  jadi masih dalam suasana natal, bisa dilihat ada pohon natal tidak jauh dari patung Yesus. Pohon natal ini sangat besar dan juga indah.
Sumber : dokumen pribadi
Sumber : dokumen pribadi

Jika dari pohon natal kita berjalan terus ke atas maka akan terlihat sebuah kapel yang sangat besar dan di dalamnya, terdapat alas - alas bantal untuk duduk dan meja kecil yang bisa kita gunakan untuk berdoa. Di sebelah kapel terdapat gua Maria dan juga air suci yang bisa kita minum. Airnya pun sangat segar.

Lembah Karmel ini sangat populer dengan misa penyembuhan oleh Romo Yohanes yang diadakan setiap minggu kedua dan keempat setiap bulan. Banyak orang yang datang kesini untuk mengikuti misa penyembuhan. Misa penyembuhan ini diadakan di Gereja St. Theresia. Lembah Karmel juga sering digunakan sebagai tempat retreat.

Jika teman - teman ingin datang kesini, tidak perlu takut tidak ada tempat untuk parkir karena halaman parkirnya sangat luas. Jadi bagi teman - teman katolik yang ingin berwisata rohani, Lembah Karmel Puncak bisa menjadi salah satu pilihan.

Sekian dulu post saya hari ini, sampai bertemu di post berikutnya :)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar